Cara mudah untuk optimasi SEO dan Alat yang biasa di gunakan para SEO

Berikut tools yang sering dipakai untuk Optimasi SEO


Ahrefs

Tools ini adalah tools berbayar yang sangat powerfull untuk kalian pakai untuk riset keyword, mengetahui backlink, melihat posisi artikel yang kalian tulis di pencarian google, mengetahui keyword kompetitor, mengetahui backlink kompetitor.

Dengan tools ahrefs ini kalian sudah cukup untuk memantau dan memonitor progress SEO website kalian. Perlu kalian ketahui jika tools ini tidaklah murah, dan harus berbayar setiap bulan.


Google keyword planner

Tools ini adalah tools gratis yang sudah disediakan oleh google. Dengan tools ini kalian bisa mengetahui keyword dan jumlah volume pencarian.


SEO Quake

Tools ini adalah plugin di google chrome, dengan SEOquake ini kalian bisa melihat traffic kompetitor dengan gratis dan sangat mudah.


SimilarWeb

Dengan tools ini kalian bisa melihat Global rank alexa website kompetitor, mengetahui jumlah pengunjung kompetitor, mengetahui bounce rate kompetitor, monthly visit, page per visit dan average session duration kompetitor.


Keyword everywhere

Dengan tools keyword everywhere ini kalian akan mengetahui jumlah detail volume pencarian kata kunci perbulan. Tools ini sangat bermanfaat untuk kalian yang sedang melakukan riset kata kunci baru, karena tools ini memberikan juga kata kunci turunan atau LSI keyword.

 

Cara Menggunakan SEO

Setelah memahami bagaimana cara kerja SEO, Kamu juga perlu tau bagaimana cara optimasi SEO yang tepat. Perlu diingatkan sekali lagi, bahwa proses optimasi SEO tidak bisa dilakukan sekali jalan, melainkan menjadi proses yang tiada henti. Hal ini mengingat bahwa search engine senantiasa melakukan pembaharuan pada algoritmanya guna memberikan hasil pencarian terbaik setiap saat.

 

SEO terdiri atas dua kategori, yaitu offsite SEO dan onsite SEO. Apa perbedaan di antara keduanya? Berikut penjelasannya:

1. Onsite SEO

Sesuai dengan namanya, onsite SEO artinya mengoptimasi website atau blog dari dalam. Jadi, optimasi kategori ini berkaitan dengan pengaturan dan penyesuaian elemen yang ada pada website. Cara ini akan memudahkan search engine untuk dapat crawl informasi dengan lebih mudah. Contohnya adalah sebagai berikut:

·  Alt Text gambar

· Tidak menggunakan keyword stuffing ataupun usaha yang dilakukan untuk memanipulasi urutan peringkat pada mesin pencari Google

· URL dengan format yang baik

· Penggunaan heading yang tepat, yaitu H1,H2, dan seterusnya

Lalu, apa saja yang wajib dilakukan untuk mengoptimalkan onsite SEO? Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan agar onsite SEO terotimasi dengan baik.

2. Pencarian Keyword atau Kata Kunci

Pemilihan kata kunci menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan. Keyword yang dipilih harus tepat, sehingga bisa mendatangkan trafik organik pada konten yang Kamu posting. Keyword sendiri merupakan ide spesifik atau topik yang diketik oleh para pengguna di mesin pencari atau search engine. Jadi, dapat dikatakan bahwa pencarian keyword sangatlah penting.

Pencarian keyword akan membantu kita untuk memahami apa saja kata kunci yang sering digunakan oleh para pengguna internet saat mengakses website di search engine. Pastikan untuk menyisipkan target keyword pada judul artikel, heading, dan isi konten tersebut.

3. Optimasi website

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi website, di antaranya adalah menggunakan struktur website yang baik, membuat konten yang relevan, serta memberikan kemudahan navigasi.

Ketiganya sangatlah penting untuk menaikkan trafik website. Sebuah website memang harus memiliki struktur yang baik, karena akan mengonfirmasi mesin pencari mengenai halaman website yang paling penting.

Selain itu, memberikan konten yang relevan pada website juga sangat menguntungkan, karena akan mendatangkan banyak trafik yang berkualitas. Sementara itu, adanya kemudahan navigasi dalam mengakses website, tentu akan membuat pengunjung website lebih betah berlama-lama berada di situs tersebut.

4. User experience

Setiap pengunjung yang datang ke situs websitemu, tentu harus dilayani dengan baik. Pelayanan yang baik dari pemilik website kepada para pengunjung, tentu akan membuat mereka lebih betah untuk menelusuri website Anda. Bukan hanya mampir sebentar, lalu menutupnya kembali.

Jika mengelola website bisnis, maka jadikan halaman website tersebut layaknya toko online yang profesional. Para pengunjung yang membuka website toko online, tentu ingin tau lebih jauh tentang produk-produk yang Kamu tawarkan. Oleh karena itu, berikan informasi rinci mengenai produk tersebut.

Semua informasi harus disampaikan kepala calon pelanggan. Baik itu manfaat produk, harga, komposisi, pilihan warna atau rasa, tanggal kadaluwarsa, dan informasi terkait produk lainnya. Selain itu, Kamu juga perlu menambahkan gambar-gambar yang relevan untuk lebih menarik hati calon pelanggan.

Untuk memudahkan pengunjung, sebaiknya buatlah kategori produk untuk memudahkan pengunjung dalam melakukan pencarian. Misalnya, toko online yang Kamu bangun adalah menjual produk-produk kecantikan. Maka, Kamu bisa membuat kategori produk-produk kecantikan, seperti kategori skincare, lipstik, parfum, riasan mata, dll. Dengan adanya kategori produk, maka pengunjung akan lebih mudah mencari produk sesuai kebutuhannya, tanpa perlu berlama-lama mencari satu per satu produk.

Jangan lupa juga untuk mengatur tata letak atau layout website. Jangan membuat pengunjung pusing dengan tata letak yang tidak beraturan. Sebagai contoh, letakkan fitur keranjang belanja di pojok kanan atas halaman website. Sehingga, pengunjung akan lebih mudah melihat dan mengakses fitur tersebut. Dengan tata letak yang teratur, maka pengunjung pun akan semakin merasa nyaman.

5. Kecepatan loading

Kecepatan loading website menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan trafik website. Tentu saja, siapa pun pasti akan kesal jika mengunjungi website yang loadingnya lama. Saat halaman website tidak kunjung terbuka, maka pengguna internet biasanya lebih memilih untuk menutupnya. Akibatnya, trafik website pun akan menurun.

Sebaliknya, website yang loadingnya cepat akan lebih disukai oleh pengunjung, karena mereka tidak perlu terlalu lama untuk menunggu halaman website terbuka. Hal ini pun akan membuat website mendapatkan ranking tinggi dari Google. Oleh karena itu, loading website harus memiliki kecepatan yang baik, agar tidak kehilangan banyak pengunjung dan tidak mendapatkan nilai jelek dari Google.

6. Off site SEO

Dibandingkan dengan onsite SEO, offsite SEO justru tidak begitu teknis. Tapi, bukan berarti bahwa offsite SEO ini tidak begitu penting. Offsite SEO berguna untuk mempromosikan website. Dengan teknik ini, maka orang-orang di luar sana akan mengetahui bahwa website yang Kamu miliki layak sekali untuk dikunjungi. Nah, beberapa cara untuk melakukan offsite SEO adalah sebagai berikut:

7. Content marketing

Saat ini, content marketing menjadi cara yang paling ampuh untuk menaikkan ranking website pada hasil pencarian Google. Jika Kamu menggunakan strategi content marketing yang terstruktur dengan baik, maka ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Keuntungan tersebut antara lain akan mendatangkan para pengunjung baru, memperbaiki reputasi toko online atau bisnis, mempengaruhi pengunjung untuk membeli produk yang ditawarkan, serta hemat biaya promosi.

8. Promosi

Untuk mendapatkan banyak follower atau subscriber, maka website harus diisi dengan konten-konten yang super bagus dan menarik. Namun, meski sudah diisi dengan aneka konten yang menarik, website tetap saja sepi pengunjung. Maka, cara yang harus dilakukan untuk meningkatkan follower adalah dengan melakukan promosi.

Dengan mengadakan promosi, maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi website tersebut. Hal ini karena umumnya orang-orang sangat tertarik dengan hal-hal yang berbau promosi. Selain bisa menarik lebih banyak pengunjung, promosi yang Kamu lakukan juga bisa membuat website lebih unggul daripada milik kompetitor.

9. Public Relation

Untuk membuat bisnis yang Kamu bangun semakin maju dan dikenal oleh banyak orang, maka melakukan public relation menjadi sangat penting. Meski aja sejumlah biaya yang harus dikeluarkan, namun akan sebanding dengan manfaat dan keuntungan yang akan Kamu dapatkan. Beberapa keuntungan menerapkan public relation, di antaranya adalah bisa membangun brand awareness, mengatur otoritas, memberikan informasi tambahan, serta meningkatkan community relationship.

Demikian itulah penjelasan mengenai apa itu SEO dan bagaimana cara optimasi SEO dengan baik. Setelah mempelajari seluk beluk tentang SEO, kini saatnya Kamu untuk menerapkannya. Sekali lagi, ingat bahwa SEO adalah proses yang harus berlangsung secara terus-menerus dan tiada akhir.

Jadi, jangan hanya puas dengan satu kali percobaan saja. Lakukan teknik SEO lainnya agar websitemu mendapatkan ranking yang semakin tinggi dari Google. Tidak ada hasil yang instan dalam melakukan proses SEO. Tapi, Kamu perlu memulainya dari sekarang.

Setelah membuat website, jangan lupa untuk mengisinya dengan konten yang berkualitas. Selain itu, Kamu juga sangat perlu menggunakan cloud hosting  yang tepat dan cepat. Sehingga, cloud hosting tersebut bisa selalu diandalkan jika nantinya ada masalah yang harus Kamu hadapi.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEO itu apa sih? Berikut ini Pengertian dan Cara Kerja SEO